KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PINRANG PROVINSI SULAWESI SELATAN, JL.BINTANG N0.2 KODEPOS 91212,e-mail kabpinrang@kemenag.go.id

MAN Pinrang Siap Menghadapi UNBK

Kemenag Pinrang, (Humas) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 April 2017 mendatang menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (madrasah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (madrasah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (madrasah) ke server pusat secara online (upload).

Selasa (14/03/2017), Kepala Seksi Mapenda Kemenag Kab. Pinrang Drs. H. Anshar,MA bertandang langsung ke MAN Pinrang untuk mengetahui persiapan pelaksanaan UNBK ini. Selama kunjungannya, beliau didampingi langsung oleh Kepala MAN Pinrang (Drs.Abbas P,.M.Ag).
 
Kepala Madrasah Aliyah (Abbas P.) mengatakan bahwa siswa siswi Madrasah Aliyah Kab. Pinrang yang akan mengikuti UNBK ini berjumlah 283 orang, melihat jumlah yang cukup banyak ini, maka ruangan pelaksanaan ujian dibagi menjadi  3 ruangan kelas, nantinya setiap ruangan masing-masing memiliki Proktor, Teknisi dan Pengawas Ujian.