KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PINRANG PROVINSI SULAWESI SELATAN, JL.BINTANG N0.2 KODEPOS 91212,e-mail kabpinrang@kemenag.go.id

H.Sudirman D. : Kami Siap Dibina dan Diawasi Karena Ini Tugas Negara.

Pinrang, (Humas) Performance Audit merupakan suatu proses yang sistematis untuk menilai pencapaian kinerja TUSI, program atau kegiatan suatu instansi dengan membandingkan kepada indikator kinerja yg telah ditetapkan.

Hari ini (8/5/2017), Kunjungan Irjen Kemenag dalam rangka audit kinerja untuk tahun anggaran 2016 dipusatkan di Aula Kemenag Kabupaten Pinrang. Dalam sambutannya, Ka.Kan Kemenag (H.Sudirman D.) mengatakan kepada tim auditor ; kami ucapkan ahlan wa sahlan di bumi lasinrang dalam rangka audit kinerja untuk Kementerian Agama dan Madrasah Aliyah Pinrang, oleh karena itu kami telah mempersiapkan segala perihal yang terkait dengan kelancaran agenda ini dan kami siap dibina serta diawasi karena ini merupakan tugas Negara.


Terkait hal tersebut, Ibu Titik Orbawati selaku pengendali teknis tim auditor, memberikan beberapa informasi terkait dengan audit kinerja ini, beliau (Titik Orbawati) mengatakan ; Tim Inspektorat Kementerian Agama bertujuan untuk mengaudit kinerja, di dalamnya kami akan melakukan pembinaan, karena kita ini seatap maka kami tidak akan langsung menjudgmen apabila ada temuan, tapi kami akan membutuhkan klarifikasi, kami membutuhkan alasan, dan juga kami akan membutuhkan apa penyebab dari temuan ini misalnya.


Lebih lanjut, beliau (Titik Orbawati) menghimbau kepada para hadirin untuk menghilangkan mindset bahwa auditor itu kerjanya hanya untuk mencari cari kesalahan, beliau menegaskan bahwa tim audit itu hadir untuk mencarikan solusi jikalau memang ada permasalahan atau peraturan yang tidak pahami karena terkadang sebuah peraturan itu memiliki multi tafsir. 



Adapun legal foundation kegiatan ini dilandasi oleh UU Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara; PP Nomor 60 tahun 2008 tentang sistem pengadilan intern pemerintah; PERMENPAN nomor 5 tentang Sadar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah; dan PMA nomor 8 tahuun 2007 tentang di Kementerian Agama. (syb)