KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PINRANG PROVINSI SULAWESI SELATAN, JL.BINTANG N0.2 KODEPOS 91212,e-mail kabpinrang@kemenag.go.id

H.Syahrir Haruna : Meraih Keharmonisan Keluarga dengan Formula 6K


Kursus Calon Pengantin (Suscatin) sejatinya adalah pemberian bekal pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada calon pengantin tentang kehidupan rumah tangga atau keluarga, dalam waktu yang relatif singkat. Suscatin dilaksanakan dengan metode ceramah, dialog, simulasi, dan studi kasus. Narasumber dalam kursus tersebut terdiri dari konsultan perkawinan dan keluarga yang sesuai dengan kompetensi pada materi yang diberikan. Suscatin diselenggarakan oleh Badan Penasihatan, Pembinaan, dan Pelestarian Perkawinan (BP4) atau lembaga lain yang telah mendapat akreditasi dari Kementrian Agama. Setelah melakukan kursus, calon pengantin berhak mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti kelulusan. Dasar hukum penyelenggaraan Suscatin adalah Peraturan Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Nomor: DJ.II/542 Tahun 2013.

Viewfinder Humas Kemenag Pinrang kini mengarahkan titik fokusnya di KUA Kecamatan Watang Sawitto (4/5/2017) yang menjadi lokasi pelaksana Suscatin Tingkat Kabupaten Pinrang Angakatan I Tahun Anggaran 2017.

Mewakili Ka.Kan Kemenag, Kepala Sub Bagian TU (H.Syahrir Haruna) yang juga bertindak selaku narasumber pada kegiatan ini mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini selain Dasar Hukum penyelenggaraan Suscatin yang diterbitkan oleh Dirjen Bimas Islam, juga merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan PPK Kemenag Kabupaten Pinrang Nomor SK-80/Kk.2117/1/KU.00.1/04/2017.
Diawal materinya, beliau (H.Syahrir haruna) membacakan sebuah syair dari Sayyid Quthb ; Ya Allah, jika aku jatuh cinta, Cintakanlah aku pada seseorang yang Melabuhkan cintanya pada-Mu, Agar bertambah kekuatanku untuk mencintai-Mu. 

Peserta Suscatin yang hadir pada hari ini sebanyak 26 orang, diantara mereka ada yang datang dengan calon pasangan dan ada juga yang datang tanpa bersama dengan pasangan calon pengantinnya. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dikarenakan banyak informasi yang menurut mereka merupakan hal baru yang sama sekali belum didapatkan selama ini.


Diakhir materinya, beliau memberikan tips kepada para peserta Suscatin untuk meraih kehidupan harmonis dan langgeng dalam mahligai keluarga yang sakinah, yaitu gunakanlah formula 6K ;  (1) Ketaqwaan, (2) Kesetiaan, (3) Komunikasi Dialogis, (4) Keterbukaan, (5) Kejujuran. (6) Kasih Sayang. (syb)