KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PINRANG PROVINSI SULAWESI SELATAN, JL.BINTANG N0.2 KODEPOS 91212,e-mail kabpinrang@kemenag.go.id

Kakan Kemenag Membuka Pentas PAI tingkat Kabupaten Pinrang

Kemenag Pinrang (Humas) - Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Pinrang. Pentas PAI merupakan suatu wadah kompetisi dalam mengaktualisasikan dan menumbuhkembangkan minat dan bakat peserta didik dari jenjang SD sampai SMA/SMK.

Adapun landasan hukum kegiatan ini mengacu pada UU No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 78, tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4301) ; PP Nomor 19 Tahun 2005 ; PP nomor 55 Tahun 2007; KMA Nomor 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Standar Nasional Pendidikan Agama Islam di Sekolah; Perdirjen Pendis Nomor Dj./12A Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dan Juknis Pentas PAI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Kementerian Agama Kabupaten Pinrang menyelenggarakan Pentas PAI dengan mengusung tema memantapkan keberagaman  dan merawat keberagaman. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pinrang (H.Sudirman D) dan di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan serta seluruh pejabat struktural Kemenag Pinrang.



Ka.Kan Kemenag Pinrang mengawali sambutannya dengan mengajak para hadirin untuk membacakan ummul kitab kepada alm. Suyuti, almarhum merupakan salah seorang guru PAI bertugas di SMP Muhammadiyah Pinrang. Selanjutnya , beliau mengatakan bahwa Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional merupakan 2 Kementerian besar yang senantiasa berjalan bersama serta bekerja sama dalam perkembangan dunia pendidikan di tanah air, kalau dua Kementerian ini senantiasa eksis, maka Indonesia tetap Indonesia (menjaga persatuan dan kesatuan).
Melalui momen ini, Beliau (Ka.Kan Kemenag) juga berharap kepada para guru PAI yang telah sertifikasi untuk dapat bertemu dan berjumpa dengan beliau, karena beliau sangat ingin mendengar mereka (guru PAI) untuk bertadarrus Al-Qur’an langsung dihadapan beliau sebelum menandatangani berkas sertifikasi yang bersangkutan, alasan tersebut beliau paparkan sebagai salah satu wujud dari G-SMS (Gerakan Sulsel Mengaji dan Sholawat) dan juga menjadi salah satu ikhtiar dalam penegakan syiar keislaman.


Mengakhiri sambutannya, beliau menjabarkan tema yang diusung pada Pentas PAI tingkat Kabupaten ini. Bahwa tema memantapkan keberagaman dan merawat keberagaman merupakan penjabaran dari Surah Al-Hujrat ayat 13 dan termasuk dalam pengejewantahan kita bangsa Indonesia yang tersimpul dalam satu ikatan erat yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.(syb)